Resume Uang, Bank, & Penciptaan Uang

0


Uang merupakan alat pembayaran yang berlaku sekarang untuk semua transaksi jual-beli baik secara langsung maupun tidak langsung, kemudian uang juga sebagai alat tukar di era modern ini memiliki fungsi dan peranan penting terhadap kegiatan perekonomian. Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah dari pada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai. Pada umumnya Bank dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menerima simpanan, giro, tabungan, dan deposito. Kemudian bank dikenal juga sebagai tempat untuk meminjam uang ( kredit ) bagi masyarakat yang membutuhkannya. Disamping itu, bank juga dikenal sebagai tempat untuk menukar uang, atau menerima segala bentuk pembayaran seperti : pembayaran listrik, telepon, air, pajak, uang kuliah dan sebagainya.
Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat serta memberikan jasanya dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.
Penciptaan uang adalah proses memproduksi atau menghasilkan uang baru. Jadi, terciptanya uang adalah saat bank memberikan kredit. Terdapat tiga cara untuk menciptakan uang : Dengan cara mencetak mata uang kertas atau uang logam, Melalui pengadaan utang dan pinjaman, Melalui beragam kebijakan pemerintah, misalnya seperti pelonggaran kuantitatif.
Kebijakan Moneter adalah upaya mengendalikan atau mengarahkan perekonomian makro ke kondisi yang diinginkannya ( yang lebih baik ) dengan mengatur jumlah uang yang beredar. Yang dimaksud dengan yang lebih baik adalah meningkatnya output keseimbangan dan terpeliharanya stabilitas harga ( inflasi terkontrol ). Melalu kebijakan moneter pemerintah dapat mempertahankan, menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar dalam upaya mempertahankan kemampuan ekonomi bertumbuh, sekaligus mengendalikan inflasi.

0 komentar:

Posting Komentar