Resume Analisis Pendapatan Nasional Untuk Perekonomiaan Tertutup Sederhana Dan Pertumbuhan Ekonomi

0

                                                                                   Perekonomian tertutup adalah perekonomian yang tidak mengenal hubungan dagang dengan luar negeri atau dapat disebut juga dengan Ekspor- Impor Sedangkan perekonomian sederhana adalah tidak melibatkan pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Sehingga pengertian dari perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang melibatkan dua pelaku ekonomi, yaitu rumah tangga ekonomi dan perusahaan (swasta) Dalam perekonomian, sector perusahaan(swasta) merupakan satu – satunya produsen dalam hal barang, jasa dan proses produksi dilaksanakan dengan menggunakan faktor produksi yang dimiliki oleh sector rumah tangga.
Faktor produksi tersebut antara lain :
1. Tanah
2. Tenaga Kerja
3. Modal
4. Entrepreneurship ( Kewirausahaan )

Pertumbuhan ekonomi adalah proses terjadinya kenaikan pendapatan suatu Negara, dan pertumbuhan ekonomi merupakan gambaran kenaikan taraf hidup yang diukur dengan output riil per orang.
Ada tiga cara penghitungan pendapatan nasional, yaitu :
1. Metode Output (Output Approach) atau Metode Produksi
     Menurut metode ini, PDB adalah total output (produksi) yang dihasilkan oleh suatu perekonomian. Cara penghitungan dalam praktik adalah dengan membagi-bagi perekonomian menjadi beberapa sektor produksi (industrial origin).
2. Metode Pendapatan (Income Approach)
Metode pendapatan memandang nilai output perekonomian sebagai nilai total balas jasa atas faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi.
3. Metode Pengeluaran (Expenditure Approach)
Menurut metode pengeluaran, nilai PDB merupakan nilai total dalam perekonomian selama periode tertentu. Menurut metode ini ada beberapa jenis yang mempengaruhi dalam suatu perekonomian :
   1) Konsumsi Rumah Tangga ( Household Consumption )
   2) Konsumsi Pemerintah (Government Consumption)
   3) Pengeluaran Investasi (Investment Expenditure)
   4) Ekspor Neto (Net Export)

 Perekonomian tertutup artinya tidak mengenal hubungan luar negri, sehingga tidak ada kegiatan ekspor - impor. Perekonomian sederhana tidak mengenal keterlibatan pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Jadi, perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang melibatkan dua pelaku yaitu rumah tangga dan perusahaan ( swasta ).

0 komentar:

Posting Komentar